Sebelum Hilang

Selepas shubuh tadi pagi, tiba-tiba saja fikiranku diingatkan tentang hakikat waktu dan kualitas hidup. Sebuah pelajaran indah betapa menit demi menit yang ku lalui dalam hidup ini seharusnya menjadi cerita indah yang tak terlupakan. Seharusnya menjadi prasasti-prasati kebahagian dalam setiap hari-hari yang ku lalui. Seharusnya aku bisa menciptkan sejarah tentang kumpulan kebaikan-kebaikan atas manusia, terutama kabaikan atas orang-orang disekitarku ,orang-orang terdekatku, sehingga sejarah tentang hidupku di dunia nantinya, adalah kumpulan cerita tentang kebajikan, cinta, keberanian, bahkan mungkin kepahlawanan.

Betapa sering aku mengabaikan kehadiran sesuatu atau pun seseorang dalam hidup ku. Sesuatu yang keberadaannya tak terasa, hingga suatu saat ia pun menghilang. Dan setelah kehilangan itulah keberartiannya menemukan bentuk, membangunkan kesadaranku tentang betapa pentingnya ia. Sesuatu itu tak selalu orang atau sebuah benda berharga. Ia dapat pula berupa kesehatan, semangat, akhlak, tardisi atau pun kebiasaan positif.

Itulah yang kurasakan saat ini, di hari ke-8 sepeninggal neneku, dan masih banyak hal dalam hidupku yang menjadi kusesali karena telah kehilangannya. Ya… penyesalan itu memang selalu hadir diakhir, setelah aku merasa kehilangan…

Sahabat…
Aku tak bermaksud menggurui, hanya berbagi rasa agar kita bisa saling mengingatkan, tentang perjalanan waktu yang kita lalui dan kita gunakan dengan beragam aktivitasnya. Alangkah indah dan berartinya bila sejarah hidup kita penuh cerita kebajikan.
Ciumlah setiap hari kening anak-anakmu selagi sempat, ungkapkan kecintaanmu  pada istri dan orang tua selagi bisa sampai ia dapat melihat dan merasakan cintamu. Ciptakan sebuah tradisi cinta dalam keluargamu, selagi bisa, selagi ada kesempatan dan sebelum kehilangan.

Saat kita melakukannya, mungkin akan terlihat sepele , namun pada masanya nanti  setidaknya untuk generasi keturunanmu, hal itu akan menjadi prasasti-prasasti indah sejarah hidupmu.

Semoga kita dimampukan untuk melakukan hal-hal indah dalam hidup. (Aamiin)

_____oOo______

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s