Teruntuk Akhdan…

Akhdan…ponakanku tercinta,

Entah diusia berapa kau akan temukan lembar ini, yang kutulis diujung senja usiaku. Entah aku masih ada atau mugkin sudah terbujur kaku dibawah nisan.  Anggap saja ini sebuah bingkisan terimakasihku untukmu atau kenang-kenangan yang akan terasa indah pada waktunya . Ketahuilah beliamu mampu menjadi penawar luka  yang dititipkan dunia  padaku, dan aku tetap berangan dewasamu nanti mampu hadirkan bangga pada setiap hati, terutama orang tuamu sendiri.

Dengarlah nak… ada hal yang ingin kusampaikan seiring  waktu mendewasakanmu. Aku selalu berharap agar keidupanmu jauh lebih bernilai daripada kehidupan yang kujalani. Aku berharap pijakan kakimu dibumi ini lebih kokok dari yang kubayangkan. Tak perlu takut hadapi badai, apalagi lari menjauh… hadapilah! agar kau bisa melihat nilaimu yang sesungguhnya.

Pijaklah gunung yang menurutmu paling tinggi, lalu tancapkan dengan kokoh benderamu disana. Genggamlah bintang yang menurutmu bersinar paling baik, lalu tebarkan sinarnya pada setiap hati yang kegelapan, agar kau bisa merasakan kebahagiaan yang sebenarnya.

Tanyakan kepada orang-orang sebelummu, tentang syair Tuhan yang telah di wariskan pada mereka, jadikan sebagai alas dari setiap keputusan yang kau ambil, lalu torehkan syair Tuhan pada setiap langkahkan mu, agar kau mengerti cara yang benar meraih ketenangan hati.

Ini adalah kehidupan, dibentuk dari sebuah teka-teki yang telah menjadi ketentuan Tuhan. Tak perlu kau menerka-nerka jawabannya, cukup laksanakan saja apa yang telah menjadi titahNya untukmu. Agar kau faham bagaimana menjadi manusia seutuhnya.

Jangan seperti pamanmu ini…yang tak mampu memberi cahaya pada gelap, memberi teduh pada terik, membentuk tawa pada air mata dan mengukir nama dalam rasa. Hanya selembar daun kering yang melayang jatuh terkulai lemah dirumput, lalu tersobek-sobek oleh gempuran angin kehidupan dan cibiran sapu sang tuan tanah.

Akhdan…ponakanku tercinta,

Jadilah kuat Nak,…. sekuat senyumu saat menepis lara…!

———– ooooo ———–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s