Bekerja dan Menabung Pahala

tempat gw kerja

Bekerja sebagai OP di sebuah warnet sebenarnya bukanlah impianku, namun karena saat itu usaha percetakan yang aku kelola mengalami keterpurukan, akhirnya aku ikut kerja di perusahaan temanku. Tak seberapa memang upah yang ku terima, aku cukup-cukupi saja, dipaksakan supaya dapat mencukupi keperluanku dalam sebulan.
Terlepas dari pembicaraan masalah upah , ada hal lain yang dapat aku pelajari dan aku petik dari keseharianku sebagai OP warnet, yaitu tentang sebuah kesabaran. Ternyata menjadi seorang OP warnet tak seringan perkataan atau yang di bayangkan orang. Pekerjaan ini membutuhkan porsi kesabaran yang lumayan besar, sebab seorang OP berhubungan langsung dengan para client/user(customer) dalam memberikan pelayanannya.
Yang paling gampang adalah menghadapi user yang memang sudah mengenal dan terbiasa dengan internet, namun akan beda ceritanya bila user sama sekali masih awam dengan internet atau gaptek. Begitupun tetang berbagai karakter user, dari yang mulai pendiam sampai dengan yang rese (banyak tingkah), dari yang susah dikasi tau sampai dengan yang sok tau, dari yang malu-malu sampai dengan yang malu-maluin… dan pokoknya banyak deh, bermacam karakter juga tingkah para user yang memang dibutuhkan kesabaran untuk melayaninya.
Satu hal yang paling aku gak suka adalah menghadapi user yang datang dalam keadaan setengah mabuk (akibat miras/lainnya). Memang tidak setiap hari datang sih…hanya satu atau dua kali saja dalam sebulan, namun menghadapi user seperti ini terkadang hampir membuat benteng kesabaranku jebol akibat ulahnya. Tapi yah apa boleh buat…yang pasti selama tingkahnya masih dapat ditolerir dan dia masih mau menuruti aturan diperusahaan ini, aku menahan emosiku sekuat tenaga .
Dalam pekerjaanku setiap hari ada saja yang membuat aku harus bertindak extra sabar , yah memang begitulah mungkin seharusnya pekerjaan seorang OP warnet, dengan upah tak seberapa namun membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi. Mungkin juga bukan aku saja yang mengalami hal tersebut, tapi juga OP diwarnet-warnet lainnya.
Begitulah pekerjaanku saat ini, bekerja sebagai seorang OP warnet sekaligus mengumpulkan pahala dengan bersabar. Sekalipun pekerjaan OP warnet banyak yang menganggap rendahan, tapi bagiku disana terhampar luas ladang pahala yang tak ternilai.

***

Tinggalkan Balasan

