Pelayanan PLN Untuk Desa Cikijing

Tulisan ini hanyalah sebuah ungkapan kekesalan saya terhadap pelayanan pihak PLN (khususnya untuk wilayah Kec. Cikijing – Majalengka). Seringkali pekerjaan saya terhambat bahkan tak jarang nenjadi berantakan hanya gara-gara listrik mati, dan bukan hanya itu peralatan keja saya juga menjadi cepat rusak(menurun kuatlitasnya).

Bisa dipastikan dalam satu minggu selalu ada pemadaman listrik mendadak (rata-rata dari jam 08 sampai jam 16), terkadang dua sampai tiga kali pemadaman, dan itu seringkali tanpa alasan yang pasti. Sekalipun saya atau konsumen listrik lainnya mancoba menanyakan penyebabnya, tak pernah mendapatkan penjelasan yang memuaskan, mereka (dari pihak PLN) hanya berdalih “sedang ada perbaikan!” atau “sedang ada pemeliharaan!” . Kalau konsumen minta penjelasan lebih detil mereka cukup ringan  menjawab “tenang saja tidak akan lama…sabar sajalah !” atau “ maaf bapak kepalanya lagi keluar,,, jadi kami tidak bisa menjelaskan! ” dan kebanyakan disertai dengan sikap tidak ramah. Padahal menurut saya tak harus dengan sikap ketus untuk menghadapi keluhan konsumen.

Huuh...rasanya sungguh ironi, mengingat TDL  yang sering kali dinaikan pemerintah tetapi kinerja pelayanan PLN masih tetap saja rendah dan amburadul. Dan kalau saya nilai pelayanan PLN sampai saat ini belum maksimal dan sering mengecewakan masyarakat akibat seringnya listrik mati seperti yang saya ceritakan tadi.

Pada saat masyarakat tidak bisa beraktivitas akibat padamnya listrik. PLN seolah tidak merasa bersalah. Tapi, giliran rekening menunggak kadang meteran langsung diputus.

Seperti kata sindiran yang beredar saat ini,bahwa PLN bukan lagi Perusaan Listrik Negara melainkan Perusahaan Lilin Negara. Namun, entah diperhatikan atau tidak permasalahan tersebut sampai saat ini tetap berlangsung di tengah kepasrahan masyarakat dalam menerimanya. Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan akan mutu layanan PLN harus bekerja keras memperbaiki persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan itu.

Lihatlah tempat – tempat pelayanan yang biasanya masih menumpang di kantor kelurahan ataupun kantor koperasi unit desa ,masih bisa dimaklumi mungkin… tapi lihat juga sistem dan mekanisme yang berbelit-belit apalagi kalau sudah menyangkut pelanggan baru yang mengajukan  pasang baru atau pun tambah daya,dan ini saya saksikan ketika seorang sahabat saya mengajukan pemasangan baru dan tambah daya .

Selain itu petugas baik  yang dikantor  atau pun petugas lapangan yang kurang ramah, menggambarkan masih buruknya pelayanan yang diberikan PLN kepada pelanggannya.

Saya jadi teringat saat YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) pernah melakukan survei berkaitan dengan seberapa besar tingkat kepuasaan yang diterima konsumen pemakai jasa PLN. Ternyata, diketahui bahwa para konsumen selama ini masih kurang puas dengan pelayanan PLN.  Kinerja pelayanan publik atau tingkat integritas PLN masih terpuruk di bawah standar tingkat pelayanan secara nasional. Dan dari 39 instansi pelayanan publik tingkat Pusat, PLN berada pada peringkat ke-30.

Huuuhhh….menyedihkan sekali…!!!

***

3 thoughts on “Pelayanan PLN Untuk Desa Cikijing

  1. jika di DJP ada Kitsda atau 500200 seharusnya PLN pun ada … sebetulnya ada tapi saya sendiri ga tahu gimana prosedur mereka dalam melayani setiap keluhan

    • Tks Om respon nya….sebenarnya sy sdh mengamati layanan PLNini sejak th1999, dan alasan yg mereka sampaikan sampai saat ini 2011 masih tttp sama, yaitu akibat faktor cuaca, kebutuhan konsumen yg sering over load dan medan yg dilewati jaringan kabel. Cukup masuk akal dan sy trm alasan tsb. Cuma apa gak ada solusi untuk memngatasi kendala tsb? trs masalah SDM nya terutama yg menangani keluhan konsumen, apa mereka tdk diberikan training untuk melayani dengan cara yang lebih beretika ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s